Yuk ikut Virgo Fidelis Competition! Daftar Online

Ecosia Cara Menanam Pohon yang Baru

Alternatif search engine Google yang ramah lingkungan dan privasi terjaga

Akhir-akhir ini saya secara pribadi sering menggunakan search engine Ecosia. Mungkin di antara kita masih belum familier dengan Ecosia sebuah search engine yang membantu kita melestarikan lingkungan. Yuk kita kenalan dengan Ecosia.

1. Apa itu Ecosia

Ecosia merupakan sebuah search engine atau mesin pencari seperti layaknya Google. Kita bisa mencari artikel, gambar, file, dan berbagai macam hal layaknya Google bekerja. Namun yang membedakan adalah Ecosia membantu pelestarian bumi dengan menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk melestarikan lingkungan.

2. Ketersediaan Ecosia

Menggunakan browser atau peramban kita bisa mengakses Ecosia.org untuk memulai suatu pencarian. Agar lebih praktis bagi pengguna Chrome kalian dapat memasang ekstensi sehingga ketika kalian mengetikkan sesuatu di bagian search bar kalian langsung diarahkan menggunakan Ecosia. Ekstensi tersebut dapat kalian peroleh di tautan berikut Ecosia - Chrome Webstore atau kalian dapat memasang aplikasi Ecosia di HP Android kalian, kalian bisa cek di Ecosia APK

3. Apa yang dilakukan Ecosia

Menurut blog mereka, sebagian dari penghasilan mereka dipotong dengan operasional digunakan untuk menanam pohon di berbagai belahan dunia. Bahkan mereka memiliki proyek di Indonesia. Menurut laporan keuangan di bulan Juni 2022 mereka telah menyalurkan bantuan sebesar € 24.258 atau setara Rp 389.365.715,45 (nilai konversi saat artikel ini ditulis) kepada PT Gunung Hijau Masarang. Mulai dari tahun 2016 sampai sekarang Ecosia telah menanam 1,4 juta pohon di Indonesia.

Laporan Keuangan Juni 2022

4. Cara kerja Ecosia

Setiap kita mencari sesuatu menggunakan search engine Ecosia maka akan muncul iklan dan pendapat dari iklan tersebut (80% keuntungan) yang akan digunakan untuk proyek-proyek hijau mereka. Mudah sekali kan? Hanya dengan browsing kita sudah berperan dalam pelestarian lingkungan.

5. Menjadi Pendonor

Selain dengan cara menggunakan Ecosia, kita dapat membantu usaha mereka dengan menjadi pendonor. Kita dapat membeli pohon atau merchandise di situs web mereka.

6. Fasilitas

Inti mesin Ecosia merupakan mesin pencari Bing dari Microsoft sehingga hasil pencarian tetap akan relevan dengan kebutuhan kita. Kita juga dapat menggunakan trik pencarian seperti penggunaan keyword filetype:* untuk mencari file tertentu dll. Selain itu Ecosia peduli dengan keamanan data pribadi kita.

Bagaimana? Tertarik menggunakan Ecosia? Yuk mulai melakukan hal-hal kecil untuk membuat bumi semakin hijau. Artikel ini juga sudah terbit di kanal YouTube Pak Lukas. Klik untuk menyaksikan Ecosia Alternatif Google yang Ramah Lingkungan

Seorang bapak, guru, dan blogger.

Posting Komentar

© Biologi Pak Lukas. All rights reserved. Developed by Jago Desain