Jadikan dirimu berarti! Gabung bersama kami di SMA Virgo Fidelis Daftar Online

Keuntungan Chromebook bagi Siswa Sekolah

Beberapa saat yang lalu publik dihebohkan dengan proyek bantuan laptop dari Kemendikbud. Terlebih ternyata laptop tersebut dengan spesifikasi Chromebook. Banyak orang masih awam dengan Chromebook dan bertanya-tanya mengapa pemerintah menggelontorkan begitu banyak uang untuk pengadaan Chromebook ini. Mari kita uraikan kelebihan menggunakan Chromebook bagi siswa sekolah.


Apa itu Chromebook?

Sebelum kita bahas kelebihan Chromebook ada baiknya kita kenalan terlebih dahulu tentang laptop satu ini. Chromebook merupakan laptop yang menggunakan sistem operasi ChromeOS, berbeda dengan laptop lainnya yang menggunakan Windows, Linux, atau MacOS besutan Apple.

ChromeOS ini lebih ringan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Sehingga membutuhkan sumber daya yang lebih rendah dan ujung-ujungnya membuat harga Chromebook lebih murah dibandingkan laptop lainnya. Dengan harga yang sama kinerja Chromebook terasa lebih cepat dibandingkan laptop lainnya.

Namun ada sebuah catatan, rata-rata media penyimpanan Chromebook sangat sedikit mulai dari 32GB saja. Karena memang sebenarnya Chromebook ini harus didukung dengan jaringan internet sehingga dapat mengakses penyimpanan cloud seperti Google Drive. Dan untuk menggunakan Chromebook kita diharuskan menautkan perangkat kita dengan akun Google kita. Dengan kata lain menggunakan Chromebook sedikit banyak tergantung pada jaringan internet.

Kelebihan menggunakan Chromebook bagi siswa sekolah.

Nah meskipun memiliki kekurangan tentu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Chromebook. Terutama bagi pelajar dengan penggunaan standar seperti mengetik,  presentasi maupun berselancar di dunia maya oleh siswa SD, SMP, dan SMA.  Kelebihan tersebut diantaranya :

Harga Terjangkau. 

Harga Chromebook terbaru dengan spesifikasi RAM 4GB dan penyimpanan 160GB tidak lebih dari Rp 3.000.000 dan jika kita membandingkan kinerja Chromebook tersebut dengan laptop Windows dengan harga yang sama bahkan sangat terasa bedanya. Kalian bisa mencoba : 

  1. HP Chromebook 11 G8 : RAM 4GB, Penyimpanan 160GB. Harga : Rp 2.499.000 -> Beli HP Chromebook
  2. HP Chromebook 14 AMD A4 : RAM 4GB, Penyimpanan 160GB. Harga : Rp 3.449.000 -> Beli HP Chromebook
  3. Asus Chromebook Flip C214MA : RAM 4GB, Penyimpanan 32GB, Layar Touchscreen. Harga : Rp 3.899.000 -> Beli Asus Chromebook
  4. Lenovo 300e Chromebook : RAM 4GB, Penyimpanan 32GB, Layar Touchscreen. Harga : Rp 4.198.000 -> Beli Lenovo Chromebook

Terhubung Akun Belajar.id 

Belajar dot id merupakan sebuah layanan Google Edu yang disediakan oleh Kemendikbud untuk guru dan siswa. Layanan ini berhubungan dengan akun Google yang kita miliki. Dengan akun ini kita akan mendapatkan berbagai fitur yang menarik. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas Google Drive yang mencapai 5 TB. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi siswa pengguna Chromebook yang memori penyimpanannya terbatas. Dan ternyata penyediaan layanan belajar dot id ini juga merupakan bagian dari bantuan pengadaan laptop di sekolah-sekolah. Laptop bantuan tersebut sedianya hanya bisa diakses dengan cara login menggunakan akun belajar dot id. Nah bagaimana dengan Chromebook yang dibeli mandiri? Tetap bisa memanfaatkan fasilitas dari akun belajar.id kok. Tanpa akun belajar dot id pun kita masih bisa menggunakan Chromebook secara maksimal.

Tes Online Anti Curang. 

Tes online menggunakan Google memiliki sebuah kelemahan yaitu masalah kecurangan. Meskipun sudah mencoba diatasi dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya menggunakan peramban khusus tes (exam browser) hal tersebut masih belum bisa 100 persen mencegah kecurangan. Penggunaan Chromebook dengan akun belajar dot id juga memberikan fasilitas penguncian selama tes berlangsung. Akun belajar dot id memungkinkan peramban atau browser tidak bisa membuka tab baru atau  melakukan hal-hal selain mengerjakan tes. Dan soal pun hanya bisa diakses menggunakan akun belajar dot id saja. Kelebihan ini merupakan sebuah langkah baik dalam mencegah kecurangan dalam tes online.

Terhubung Google Play. 

Versi terbaru ChromeOS memungkinkan kita menginstall aplikasi melalui Google Play seperti kita menginstall aplikasi pada smartphone kita. Pembaharuan ini sangat menarik karena saat ini sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi Android yang tidak kalah canggih dari aplikasi khusus komputer atau laptop Windows dan Apple. Ribuan aplikasi tersebut tentu sangat membantu para siswa dalam belajar. Namun sayangnya dengar-dengar fitur ini dimatikan di Chromebook bantuan pemerintah. Semoga fitur ini tidak dimatikan karena akan membatasi penggunaan Chromebook.

Itu dia empat kelebihan Chromebook bagi pelajar. Saya rasa pemerintah sudah mempertimbangkan  dengan matang mengapa memilih Chromebook dibandingkan laptop lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan berdiskusi di kolom komentar.


Terima kasih.

Salam!


Seorang bapak, guru, dan blogger.

Posting Komentar

© Biologi Pak Lukas. All rights reserved. Developed by Jago Desain