Jadikan dirimu berarti! Gabung bersama kami di SMA Virgo Fidelis Daftar Online

Memilih Mata Pelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022

memilih mata pelajaran kurikulum paradigma baru 2022 sesuai cita-cita dan minat

Sedikit mengenal Kurikulum Baru

Beberapa minggu kebelakang ini, publik sedikit diramaikan dengan munculnya kurikulum baru yang saat ini sedang diujicobakan di 2.500 Sekolah Penggerak.Terdapat banyak perubahan yang cukup signifikan diantaranya penguatan Profil Pelajar Pancasila, munculnya komponen Capaian Pembelajaran, pembelajaran yang berbasis proyek, dan yang paling menghebohkan meniadakan sistem penjurusan/peminatan di tingkat SMA.


Saya tidak akan membahas secara menyeluruh mengenai Kurikulum Paradigma Baru ini, karena sudah banyak sekali informasi yang beredar di internet. Ada satu hal menarik yang akan saya bahas yaitu mengenai sistem peminatan. Kalau pada Kurikulum Nasional 2013 saat ini, penjurusan/peminatan dilaksanakan pada level program atau paket mata pelajaran. Sedangkan pada kurikulum baru peminatan berada pada level mata pelajaran yang berarti peserta didik dapat mengkombinasikan mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan tujuan cita-cita mereka.

Peminatan pada level mata pelajaran ini cukup seru dibahas di media sosial terutama dikalangan pelajar. Banyak yang berceloteh asyik dapat menghindari mata pelajaran tertentu yang menjadi momok bagi mereka. Ini menjadi kedambaan bagi para peserta didik tertentu, seperti seorang pelajar ingin masuk program MIPA tapi tidak berminat dengan fisika karena bercita-cita menjadi dokter. 


Alasan mengapa peminatan tingkat mata pelajaran itu bagus

Secara pribadi, saya juga mendukung penuh program peminatan pada tingkat mata pelajaran ini. Mengapa? Berikut tiga alasan saya.

  • Pertama, menurut pengamatan saya beberapa peserta didik meskipun sama-sama ingin masuk program MIPA namun memiliki minat pada bidang yang berbeda, seperti ada pelajar yang unggul dalam berhitung tapi kesulitan dalam memahami teori-teori evolusi atau sebaliknya. 
  • Kedua, mengurangi tekanan yang diberikan orang tua siswa. Seringkali ditemukan, saat seorang pelajar ditanya mengapa minat masuk program MIPA jawabannya adalah disuruh orang tua. Sehingga pada akhirnya mereka tidak nyaman dalam proses belajar. Ini menjadi sebuah jalan tengah dimana para peserta didik dapat mengkombinasikan mata pelajaran yang sesuai. Contoh orang tua ingin anak menjadi bidan namun anak ingin menjadi pengusaha, maka anak tersebut dapat mengambil mata pelajaran biologi yang dikombinasikan dengan ekonomi. Sehingga nanti ketika bekerja bekal dari mata pelajaran ekonomi dapat digunakan mengembangkan usaha di bidang kesehatan.
  • Ketiga, para pelajar dapat memilih ilmu yang akan di dalami secara fokus. Seperti poin kedua, seorang pelajar bercita-cita menjadi paleontolog atau ahli fosil, untuk apa diharus belajar ekonomi? Dalam kurikulum sekarang pelajar tersebut sedikit dirugikan menurut saya, karena jika dia ingin menjadi paleontolog maka dia setidaknya harus belajar biologi, geografi, dan sejarah. 

Kombinasi pilihan mata pelajaran Kurikulum Baru 2022 sesuai dengan cita-cita

Maka dari itu saya akan mencoba mengkombinasikan beberapa mata pelajaran agar sesuai dengan cita-cita atau jurusan perkuliahan.

Bidang Kesehatan 

Bidang kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, apoteker, psikolog. Wajib mengambil biologi dan kimia; serta dapat mengkombinasikan dengan ekonomi atau sosiologi. Ekonomi akan membantu mereka yang akan menjalankan wirausaha seperti membuka praktik mandiri atau mendirikan apotek. Sedangkan sosiologi akan membantu mereka dalam terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

Bidang Teknik 

Bidang Teknik seperti arsitek, teknik sipil, elektronika, tata kota. Wajib mengambil matematika dan fisika; serta dapat mengkombinasikan denganekonomi atau geografi. Mengapa geografi? Bagi yang bercita-cita bekerja dalam bidang arsitektur atau tata kota maka memahami struktur tanah sangatlah penting.

Bidang Energi dan Pertambangan

Wajib mengambil fisika dan geografi; serta dapat memilih biologi dan sosiologi. Seorang yang bekerja dalam bidang pertambangan mau tidak mau pasti akan bersinggungan dengan alam maka saya rasa perlu memperdalam biologi. Selain itu sosiologi akan membantu mereka dalam memahami masyarakat yang mungkin akan terdampak oleh aktivitas pertambangan.

Bidang Hortikultura

Bidang Hortikultura seperti perkebunan, perikanan, kehutanan, pertanian. Wajib mengambil biologi; serta dapat mengkombinasikan dengan ekonomi, sosiologi, atau bahasa asing. Ketiga mata pelajaran pilihan ini akan membantu mereka dalam berwirausaha.

Bidang Teknologi

Bidang Teknologi seperti programer, teknik jaringan, teknik komputer, desain grafis. Wajib mengambil matematika dan fisika; serta dapat mengkombinasikan dengan bahasa asing atau ekonomi. Matematika sangat penting dalam teknologi informatika yang mengandalkan logika matematika dalam menjalankan sebuah program.

Bidang Ekonomi dan Perbankan

Wajib mengambil ekonomi dan matematika; serta dapat mengkombinasikan dengan bahasa asing. Matematika akan menunjang operasional matematis bidang ekonomi sedangkan bahasa asing akan membantu dalam berkomunikasi.

Bidang Keagamaan, Politik, Hukum, Kemasyarakatan

Wajib mengambil sosiologi; serta dapat mengkombinasikan dengan bahasa asing dan ekonomi. Hal ini akan sangat membantu mereka dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang akan mereka ayomi.

Bidang Sejarah

Bidang sejarah ini dapat meliputi sejarah umum, arkeologi, paleontologi. Wajib mengambil sejarah; serta dapat mengkombinasikan dengan geografi, sosiologi atau biologi. Sosiologi akan membantu menginterprestasikan pemahaman dalam masyarakat kuno sedangan biologi dapat berperan dalam pemahaman akan fosil maupun artefak biologis.

Bidang Pendidikan

Yang bercita-cita menjadi guru, dosen, atau praktisi pendidikan wajib mengambil matepelajaran sesuai dengan minat pendidikan; serta dapat dikombinasikan dengan sosiologi atau bahasa asing. Mengapa seorang guru atau dosen semua jurusan perlu  belajar sosiologi? Bagi saya sosiologi akan menunjang kita dalam memahami permasalahan peserta didik, karakter masyarakat, dan komunikasi dengan orangtua peserta didik.

Akhir Kata

Itulah beberapa kombinasi mata pelajaran yang dapat dipilih oleh para siswa atau peserta didik jika hasil evaluasi Kurikulum Paradigma Baru 2022 yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 menyatakan kurikulum baru ini harus diterapkan di seluruh sekolah Indonesia. Karena seperti kita ketahui pada tahun 2022 sampai 2024, pelaksanaan kurikulum baru masih terbatas dan dapat dikatakan uji coba. Jika ada saran dan masukan marilah kita berdiskusi di kolom komentar. 

Oh iya sebelum diakhiri ada catatan khusus. Jikalau memang pada akhirnya pada tahun 2024 nantinya seluruh sekolah harus menggunakan kurikulum ini diharapkan pemerintah konsisten menangani dampak-dampak yang mungkin terjadi seperti guru yang kelebihan jam mengajar atau malah kekurangan jam mengajar. Selain itu adanya kesinambungan dan konsistensi dalam proses penerimaan mahasiswa baru dengan peminatan tingkat mata pelajaran sehingga nantinya para pelajar tidak dirugikan. Contohnya universitas sudah mencantumkan secara resmi mata pelajaran yang diperhitungkan untuk masuk jurusan tertentu, seperti Fakultas Kedokteran mewajibkan Biologi saja, sehingga para pelajar dapat mempersiapkan pilihan mata pelajaran.

Pada akhirnya saya merasa semua ini untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Tetap semangat dalam gelombang perubahan! Salam!

Seorang bapak, guru, dan blogger.

Posting Komentar

© Biologi Pak Lukas. All rights reserved. Developed by Jago Desain