Jadikan dirimu berarti! Gabung bersama kami di SMA Virgo Fidelis Daftar Online

Perpustakaan Digital Gratis

Bagi yang hobi membaca pasti suka berburu buku bacaan baik buku fisik maupun buku elektronik. Bahkan di zaman serba digital ini, bagi pecinta buku pasti di HP terpasang aplikasi penyedia bacaan daring seperti Wattpad, WebToon, NovelToon, Cabaca, dll. Saya secara pribadi juga termasuk hobi membaca. Sekarang pun saya masih suka membaca bacaan fiksi maupun non fiksi. 

Kalau dulu berburu buku fisik di toko buku atau loakan, sekarang saya lebih suka berburu buku elektronik atau e-book. Terus terang saya lebih suka membaca ebook offline dalam bentuk file pdf, mobi, atau epub; dibandingkan membaca cerita di platform online seperti Wattpad. Mengapa? Karena kadang kala menemukan sebuah cerita yang bagus ternyata penulisnya mengupdate ceritanya sangat lambat, atau malah berhenti update. Makanya saya secara pribadi suka mencari buku utuh yang pasti akan terbaca sampai tamat. 

Nah, kali itu saya akan membagikan situs-situs penyedia buku gratis baik itu legal maupun ilegal yang menjadi rujukan berburu ebook. Kembali lagi preferensi ya, mau gunakan yang ilegal maupun legal.

1. Internet Archive 

Rating : ★★★★★

Merupakan penyedia layanan perpustakan digital dengan puluhan juta koleksi yang dapat kita akses secara gratis. Dan uniknya situs ini bisa dibilang legal karena bekerja sama dengan berbagai perpustakaan resmi bahkan didukung oleh Microsoft, Yahoo, berbagai macam organisasi. Materi yang tersedia di sana dapat diakses dalam dua cara. Pertama akses penuh, di mana kita bisa mengunduh materi tersebut dalam bentuk file pdf, txt, epub, dan lain-lain. Yang kedua, sistem meminjam di mana kita hanya bisa membacanya secara online dalam jangka waktu tertentu selayaknya kita meminjam buku di perpustakaan. Bahkan pernah saya dapat antrean nomor belasan untuk sebuah buku dan buku itu harus saya kembalikan dalam 10 hari. Kelebihan lain adalah kita bisa ikut berkontribusi dalam menambahkan koleksi, saya sekarang lebih suka menyimpan file-file materi pembelajaran dalam bentuk pdf atau doc di Internet Archive karena tidak terbatas kapasitas memori, tidak seperti Google Drive atau One Drive. Silakan yang mau mampir di perpustakaan pribadi saya ada di Koleksi AdiLaksita.


2. Perpustakaan Nasional 

Rating : ★★★★☆

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga menyediakan koleksi-koleksi digital lho. Tapi saya lebih sering menggunakan layanan e-resources mereka untuk mencari jurnal ilmiah. Perpustakaan Nasional sudah berlangganan berbagai jurnal nasional dan internasional. Ini tentu sangat membantu para mahasiswa dalam mencari sumber referensi tugas dan skripsi. Oh iya bagi yang tertarik naskah-naskah kuno kita juga dapat mengaksesnya secara gratis di sini. Untuk dapat melihat koleksi Perpusnas kita harus mendaftar jadi anggota. Nomor anggota yang kita dapat juga bisa digunakan juga untuk meminjam buku fisik di Gedung Perpusnas Jakarta. Satu hal yang kurang sukai adalah tampilan cara akses yang cukup ribet. Semoga Perpusnas dapat berkembang jadi lebih baik lagi. 


3. PDF Drive 

Rating : ★★★★☆

PDF Drive merupakan search engine atau mesin pencari khusus file pdf. Saat artikel ini ditulis, sudah terdapat 76 juta file pdf yang dapat kita cari di sini. Cara kerjanya hampir mirip dengan Google, kita sering menggunakan kode filetype:pdf pada Google untuk mencari suatu file pdf kan? Nah di sini kita tinggal ketikkan langsung judul buku yang kita cari. Dan kelebihan yang lain, terdapat daftar kategori buku. Dari sisi legalitasnya sepertinya beberapa buku yang kita peroleh berpotensi ilegal. Tapi karena cara kerja mereka seperti Google maka situs ini sendiri legal. Mengapa? Hal ini disebabkan mereka tidak menyimpan buku-buku tersebut di sistem mereka dan hanya membantu kita mencari file pdf di jagad raya internet. Nah bingung kan? Hehehe. Buktinya situs ini tidak terdampak kebijakan copyright yang melanda beberapa situs penyedia ebook bajakan.


4. Project Guttenberg 

Rating : ★★★★☆

Ini merupakan perpustakaan online tertua di dunia. Didirikan tahun 1971 dan sifatnya legal. Koleksinya mencapai 60 ribuan. File-file yang disediakan pada umumnya berupa plain text yang sangat ringan, ukuran filenya rata-rata kurang dari 2 MB. Koleksi yang ada kebanyakan buku-buku klasik lawas namun masih bagus untuk dibaca seperti karya Charles Dickens atau Arthur Conan Doyle. Bagi penggemar karya-karya seperti Sherlock Holmes jangan segan untuk mampir di sini.


5. Z-Library 

Rating : ★★★☆☆

Jika Anda pecinta buku populer maka Anda akan menyukai situs ini. Banyak sekali buku-buku populer terbaru yang tersedia. Bahkan buku-buku dalam bahasa Indonesia juga tersedia cukup lengkap, berbeda dengan situ-situs lainnya yang kebanyakan berisi ebook berbahasa Inggris. Sayangnya situs ini dikategorikan sebagai perpustakaan bayangan yang ilegal. Agak sulit mengakses Z-Library tanpa menggunakan VPN atau peramban khusus, karena beberapa provider internet memblokir situs ini. Saya tidak cantumkan link karena linknya kadang berganti. Makanya hanya saya beri rating bintang 3 saja. Oh iya situs yang serupa (shadow library) adalah Library Genesis dan Sci-Hub. Keduanya ini juga sering sekali ganti alamat situs karena terblokir atau di take-down. Untuk yang Sci-Hub mereka memiliki slogan anti kekayaan intelektual jika digunakan untuk pendidikan dan penelitian. Menarik?


Nah sekarang bagi kalian yang hobi membaca buku dan bosan dengan cerita-cerita di Wattpad meskipun beberapa cerita cukup fenomenal seperti Layangan Putus, hehehe, silakan mampir di salah satu perpustakaan digital di atas. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Salam!

Seorang bapak, guru, dan blogger.

Posting Komentar

© Biologi Pak Lukas. All rights reserved. Developed by Jago Desain